Theme images by Igniel

Followers

Total Pageviews

Follow Me

Tengah

Lorem Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Morbi enim nunc faucibus a.

Kiri

Lorem Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Morbi enim nunc faucibus a.

Kanan

Lorem Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Morbi enim nunc faucibus a.

New Normal : Gaya Hidup Baru Melawan COVID-19

1 comment
Tiga protokol wajib yang selalu digaungkan oleh pemerintah sejak awal Pandemi COVID-19 yaitu penggunaan masker, jaga jarak, dan mencuci tangan yang awalnya terasa sulit, perlahan-lahan tanpa disadari berubah menjadi kebiasaan. Kebiasaan baik ini wajib kita pertahankan dalam memasuki era New Normal, dimana mau tidak mau ada beberapa kegiatan yang kembali mewajibkan kita berkegiatan secara normal, walaupun tetap masih ada batasan-batasan yang diperhatikan. Era New Normal ini, harus kita hadapi dengan persiapan agar tetap aman dan sehat dalam berkegiatan. Ada beberapa gaya hidup yang disarankan untuk mencegah penularan COVID-19 di masa New Normal, yang saya rangkum menjadi jargon S.E.M.A.R.A.K yaitu :

Selalu gunakan masker selama beraktivitas diluar rumah
dkr blog : Gunakan Masker
 
Selalu Menggunakan Masker. Menggunakan masker merupakan suatu bentuk tanggung jawab menjaga diri sendiri dan orang lain dari potensi penularan COVID-19. Kita tidak tahu apakah kita atau orang-orang yang kita temui benar-benar sehat atau malah carier/orang tanpa gejala yang bisa menjadi penular bagi yang lain. Walaupun ada beberapa orang yang berdalih sehat karena sudah dilakukan rapid test dan dinyatakan negatif COVID-19 maka bukan berarti mereka akan bebas COVID-19 selamanya. Meraka bisa saja tertular saat beraktivitas atau dalam perjalanan. Potensi-potensi ini yang kita minimalisir dengan menggunakan masker. 

selalu menjaga jarak dengan orang lain
dkr blog : Physical Distancing
 
Menjaga Jarak Aman Saat Beraktivitas. Menjaga jarak satu sama lain menjadi penting karena bisa menurunkan risiko penularan COVID-19 yang berasal dari droplet cairan hidung dan mulut saat bicara, batuk dan bersin. Percikan cairan mulut dan hidung bisa menyembur sampai beberapa meter. Oleh sebab itu kombinasi menggunakan masker dan jaga jarak akan menurunkan jangkauan percikan cairan tubuh yang berpotensi menularkan COVID-19 ini.  

Menjaga kebersihan diri dengan mencuci tangan secara teratur
dkr blog : Rajin Mencuci Tangan
 
Rajin Mencuci Tangan. Penularan COVID-19 bisa terjadi saat memegang benda-benda yang terkontaminasi Virus Corona atau saat bersalaman, oleh sebab itu penting mencuci tangan terutama sebelum memegang area wajah. Wajah merupakan pintu masuknya Virus Corona melalui mukosa hidung, mulut, dan mata.
Mencuci tangan agar efektif harus dilakukan dengan cara yang benar yaitu menggunakan sabun dan air yang mengalir yang dilakukan minimal 20 detik dengan menjangkau seluruh area tangan dengan baik (telapak tangan, punggung tangan, jari-jari, sela-sela jari).
Tidak semua tempat terdapat fasilitas CTPS, oleh sebab itu jangan lupa membawa hand sanitizer, dan gunakanlah untuk membersihkan tangan atau benda-benda yang akan teman-teman pegang seperti tombol lift, gagang pintu dan benda-benda lainnya.

Tingkatkan daya tahan tubuh dengan konsumsi buah dan sayur
dkr blog : Konsumsi Buah dan Sayur
 
Konsisten Meningkatkan Daya Tahan Tubuh
Ada beberapa cara untuk meningkatkan imun tubuh diantaranya berolah raga. Olah raga harus dilakukan dengan cara yang tepat yaitu olah raga dengan intensitas sedang. Olah raga yang berlebihan bisa berakibat menurunkan daya tahan tubuh karena terlalu kelelahan. 
Konsumsilah makanan yang sehat dan bergizi terutama dengan memenuhi kebutuhan buah dan sayur sebagai sumber vitamin dan mineral alami. 
Konsumsilah multivitamin jika merasa pemenuhan kebutuhan vitamin tidak terpenuhi dari konsumsi makanan sehari-hari. Tetapi jika dirasa kebutuhan vitamin sudah terpenuhi dengan konsumsi makanan, buah dan sayur setiap hari maka tidak perlu mengkonsumsi suplemen lagi.


Diatas adalah beberapa gaya hidup yang bisa diterapkan dalam menjalankan kehidupan sehari-hari di masa new normal. Semoga dengan usaha terbaik yang dilakukan bisa mencegah kita semua dari COVID-19, sehingga kasus segera terkendali dan reproduction number mencapai nilai nol atau tidak ada penularan baru yang terjadi. 
#StaySafe 
#StayHealthy
#Stayathome
#IndonesiaBisa

Related Posts

1 comment

Post a Comment