Theme images by Igniel

Followers

Total Pageviews

Follow Me

Tengah

Lorem Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Morbi enim nunc faucibus a.

Kiri

Lorem Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Morbi enim nunc faucibus a.

Kanan

Lorem Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Morbi enim nunc faucibus a.

Jalan-Jalan Ke Mexico : Travel Around The World Jurnal 2 Mexico

Post a Comment
Going To Mexico....ini perjalanan pertama saya terbang jauh dengan pesawat. Rasanya senang plus deg-degan karena harus 3 kali naik pesawat dengan 2 kali transit, jika dikalkulasi lebih kurang 28 jam di pesawat dalam 2 hari perjalanan. 

Saat itu tanggal 5 September 2015, saya berangkat dari Depok dengan moda transportasi Hiba Utama ditemani satu travel bag besar dan perasaan bahagia šŸ˜ƒ, kami melaju menuju bandara Soekarno Hatta. Karena perjalanan kali ini cukup jauh dan ke negara yang belum pernah saya bayangkan sebelumnya saya cukup banyak membawa amunisi alias mie instanšŸ˜›, takutnya nanti akan susah mencari makanan halal atau makanan yang cocok dengan lidah kita orang Indonesia. Jadi isi koper besar saya ini setengahnya adalah mie, cemilan dan energen.

Sesampainya di Bandara, Terminal 2 Soekarno Hatta, saya langsung menuju Counter untuk check in Setelah Cek in di counter Garuda saya menunggu untuk penerbangan Menuju Singapura, saat itu terjadi keterlambatan. Sekitar 1 jam kemudian akhirnya saya bisa terbang dengan mulus munuju Singapura. Di Negeri Merlion ini saya transit selama 2 jam di Changi Airport kemudian dilanjutkan penerbangan menuju Belanda. Penerbangan menuju Negara kincir angin ini ditempuh kurang lebih selama 14 jam. Pesawat mendarat di Schipol transit selama 5 jam, setelah itu saya melanjutkan perjalanan menuju Mexico dengan KLM. Penerbangan menuju Mexico lebih kurang 14 jam. Perjalanan dari Indonesia ke Mexico memakan waktu sekitar 2 hari tetapi karena perbedaan waktu dengan Indonesia 1 hari lebih lambat di Mexico membuat saya melewati tanggal 6 September dua kali dan rasanya aneh sekali.Dipeswatpun rasanya kebingungan untuk menentukan waktu shalat, karena perbedaan waktu negara-negara yang dilewati oleh pesawat.

Mexico merupakan Negara di Amerika Utara yang berbatasan dengan Amerika Serikat. Negara yang merupakan tempat peradaban suku Aztec ini memiliki pesona yang luar biasa, baik dari segi budaya, sejarah, kearifan lokal, kuliner, maupun keindahan alamnya. Ciudad de Mexico sebagai ibu kota negara sudah memfasilitasi wisatawan untuk menikmati objek wisata yang ada dengan mudah. Pemerintahan Kota Mexico menyediakan bus pariwisata yang yang akan mengantarkan wisatawan ke objek-objek wisata yang diinginkan. Wisatawan bisa membeli tiket bus untuk paket wisata, kemana tujuan wisata yang diinginkan, nanti akan tersedia bus yang akan mengantarkan wisatawan ke lokasi wisata. Pembelian tiket bus wisata ini akan ditandai dengan pemberian gelang sebagai tanda izin akses bus dan kita juga dilengkapi dengan peta wisata yang disertai dengan petunjuk nomer bus yang harus kita naiki. Bus memiliki rute sendiri, jika kita memiliki tujuan berbeda dengan rute bus kita bisa transit di tempat-tempat yang telah ditentukan dan mengganti bus sesuai dengan tujuan yang diinginkan. Bus Wisata dilengkapi dengan audio penjelasan lokasi-lokasi wisata yang dilewati. Audio guide ini bisa kita dengarkan dengan earphone yang disediakan di masing-masing kursi. Earphone yang disediakan tersedia dalam beberapa bahasa salah satunya Bahasa Inggris. Hal yang mengangumkan lagi adalah earphone yang digunakan bisa dibawa pulang šŸ˜. Saat bus sampai di suatu lokasi wisata, kita bisa memilih berhenti di lokasi tersebut dan melanjutkan perjalanan dengan bus berikutnya atau lanjut menuju objek wisata berikutnya.


Ada beberap objek wisata yang bisa di kunjungi di Mexico diantaranya yaitu :

1. Palacio de Bellas Artes, Mexico City 
 
Palacio de Bellas Artes merupakan pusat kebudayaan Mexico yang terletak di samping Almeda Central Park. Bangunan ini difungsikan sebagai gedung opera, dimana sering diadakan pertujukan seni, baik pameran lukisan, fotografi, patung, pentas tari, ballet, dan teater. Bangunan ini memiliki gaya arsitektur neoklasik, yang mana pada tahun 1987 UNESCO menyatakan bagunan ini sebagai Monumen Artistik.

Palacio de Bellas Artes, Mexico City

2. ZĆ³calo  
 
Zocalo merupakan alun-alun utama di Ciudad de Mexico, tempat berkumpul orang-orang Mexico semenjak zaman dahulu bahkan sejak peradaban suku Aztec. Di tempat ini telah berlangsung upacara-upacara Mexica,  sumpah jabatan, proklamasi kerajaan, parade militer, upacara kemerdekaan, dan peristiwa religius seperti pameran pekan suci. Tempat ini juga menjadi tempat penerimaan kepala negara asing serta perayaan dan demonstrasi nasional.

ZĆ³calo  

3. Basilika Guadalupe 
 
Basilika Guadalupe adalah bangunan gereja yang besar yang dibangun untuk menghormati Lady of Guadalupe (Bunda Maria) yang mana telah diberikan ritus upacara khusus oleh sri Paus. Dulu pada masa kekaisaran Romawi Basilika adalah bangunan yang dibangun untuk kegiatan publik atau tempat pertemuan. Letak bangunan ini di sebelah utara Villa de Guadalupe Hidalgo. Gereja ini mulai dibangun pada abad ke-16 dan diselesaikan pada tahun 1709. Basilika ini terdiri dari Basilika Baru dan Basilika Lama. Gaya arsitektur dari bangunan ini adalah New Spanish Baroque



4. Mexico City Metropolitan Cathedral
 
Bangunan ini adalah gereja katetdral yang dibangun diatas bekas daerah suci Suku Aztec. Gereja ini sangat besar dan megah, berada dekat kompleks Zocalo. Gereja ini dibangun pada tahun 1573 dan dibuka pada tahun 1813 dengan gaya arsitektur Barok.

Mexico City Metropolitan Cathedral

5. Monumento a la RevoluciĆ³n
 
Bagunan ini merupakan monumen yang dibangun untuk memperingati Revolusi Mexico. Monumento a la RevoluciĆ³n terletak di pusat kota, dari atas bangunan ini kita bisa menikmati keindahan kota Mexico dari ketinggian. Untuk menuju ke atas bisa menggunkan elevator tetapi untuk mencapai puncak hanya bisa menggunakan tangga yang sempit.

Monumento a la RevoluciĆ³n

Mexico sangatlah indah dengan bangunan bangunan yang megah tetapi kita perlu hati hati dan waspada ketika jalan-jalan di Mexico karena tingkat kriminalitas di negara ini cukup tinggi. Mencari tempat makan halal juga sedikit susah karena mayoritas penduduk adalah katolik dan sangat sedikit keberagaman di negara ini. Jika berkunjung ke negara ini jangan lupa untuk membeli oleh-oleh. Di pusat pembelian oleh-oleh kita bisa melakukan tawar menawar dengan penjual, masyarakatnya cukup ramah dan baik tapi pada umunya mereka hanya menggunakan bahasa Spanyol dan tidak bisa berbahasa Inggris. Jika melakukan tawar menawar kita bisa menggunakan kalkulator dan diikuti bahasa isyarat trik ini cukup ampuh dan memperlancar interaksi antara penjual dan pembeli šŸ˜€. Mata uang yang digunakan adalah Peso Mexico. 

Peso Mexico

YUK Jalan-Jalan Ke Mexicoooooo....... !!!!!




Related Posts

Post a Comment