Theme images by Igniel

Followers

Total Pageviews

Follow Me

Tengah

Lorem Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Morbi enim nunc faucibus a.

Kiri

Lorem Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Morbi enim nunc faucibus a.

Kanan

Lorem Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Morbi enim nunc faucibus a.

Cegah Corona, Lakukan Beberapa Hal Ini !!

1 comment
Cegah Corona, Lakukan Beberapa Hal Ini !!
dkr blog : Cegah Corona, Lakukan Beberapa Hal Ini !!

Awal tahun ini kita digegerkan dengan pemberitaan seputar munculnya penyakit baru yang disebabkan oleh virus corona yang dikenal dengan COVID-19. Kasus pertama dilaporkan berasal dari Kota Wuhan, Cina. Dalam jangka waktu yang singkat kasus melonjak secara signifikan, mencapai angka puluhan ribu, dengan total kematian mencapai ribuan. Rentang waktu 1 bulan kasus tidak hanya terlokalisasi di Cina tetapi sudah masuk kebebrapa negara di dunia. Penyebaran kasus yang cepat diakibatkan oleh tingginya mobilisasi warga. Masa inkubasi virus yang mencapai 14 hari atau lebih mengakibatkan orang-orang yang terlihat sehat padahal sudah menjadi penular bagi yang lainnya tidak terdeteksi di bandara/pintu masuk negara. Pengetatan pemeriksaan di bandara dan pembatasan penerbangan ternyata tidak membuat Indonesia bebas dari Corona. Tanggal 2 Maret 2020 presiden Jokowi mengumumkan ada 2 orang yang terdeteksi positif kasus corona. Pemberitaan ini lumayan menghebohkan warga +62 ini, kepanikan mulai muncul sampai masker tiba-tiba hilang dari pasaran. Tetapi melihat kondisi ini apa yang bisa kita lakukan untuk menjaga diri dan keluarga supaya terhindar dari corona??

  •  Menjaga Kebersihan Diri
Virus corona merupakan jenis virus beramplop yang diselubungi oleh glikoprotein dimana akan hancur jika terkena pelarut lemak seperti sabun, disinfektan dan cairan pembersih lainnya. Oleh sebab itu disarankan kita selalu menjaga kebersihan diri diantaranya :salah satunya dengan 
  1. Mencuci tangan pakai sabun sesering mungkin.  
  2. Segera mandi setelah beraktivitas di luar rumah
  3. Mengganti baju dengan pakaian baru yang bersih. 
  4. Kebersihan rumah harus dijaga dengan mengepel lantai dengan cairan pembersih lantai lebih sering dari biasanya. 
  •  Menggunakan Masker
Menghindari paparan virus bisa dilakukan salah satunya dengan menggunakan masker. Orang-orang yang terlihat sehat bisa saja menjadi penular bagi yang lainnya karena masa inkubasi mencapai 14 hari atau lebih sejak terkena paparan. Direntang waktu ini orang yang terkangkit oleh virus bisa saja terlihat sehat belum menunjukkan gejala apapun tetapi bisa menularkan kepada yang lainnya.
Akibat banyaknya warga yang membutuhkan masker mengakibatkan masker tiba-tiba langka, hal ini bisa kita siasati dengan menggunakan masker kain. Masker kain bisa digunakan secara berulang-ulang. Tetapi jangan lupa masker kain selalu diganti dan dicuci setelah digunakan seharian.

  •  Tingkatkan Daya Tahan Tubuh
Infeksi virus dan dampak yang ditimbulkan pada seseorang bisa saja berbeda tergantung kepada daya tahan tubuh masing-masing. Oleh sebab itu kita perlu meningkatkan daya tahan tubuh dengan cara : 
  1. Mengkonsumsi makanan yang bergizi
  2. Istirahat yang cukup
  3. Olah raga yang baik dan teratur.

  •  Tidak Melakukan Perjalanan Ke Negara Yang Terjangkit
Infeksi virus corona sudah mewabah ke banyak negara termasuk, negara-negara tujuan wisata seperti Jepang, Korea, Singapura, Malaysia dan negara-negara lainnya. Disarankan tidak melakukan perjalanan sampai kondisi dinyatakan aman, karena potensi penularan akan meningkat ketika mengunjungi negara yang terjangkit oleh virus. Menunda atau membatalkan liburan atau kunjungan merupakan pilihan yang bijak jika melihat kondisi saat ini. 
  •  Berdoa dan Jangan Panik
Panik secara berlebihan tidak akan memberikan manfaat apapun maka yang bisa dilakukan adalah mengikuti instruksi dan saran-saran yang telah di sosialisasikan untuk mencegah corona dengan perilaku hidup bersih dan sehat. Hal yang paling utama dari itu semua adalah doa. Tidak ada sebaik-baiknya perlindungan selain perlindungan Allah SWT maka mari kita berdoa agar kita dan Indonesia selalu sehat dan dilindungi, terbebas dari corona. 


Related Posts

1 comment

  1. Numpang promo ya Admin^^
    ajoqq^^com
    mau dapat penghasil4n dengan cara lebih mudah....
    mari segera bergabung dengan kami.....
    di ajopk.club....^_~
    segera di add Whatshapp : +855969190856

    ReplyDelete

Post a Comment