Theme images by Igniel

Followers

Total Pageviews

Follow Me

Tengah

Lorem Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Morbi enim nunc faucibus a.

Kiri

Lorem Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Morbi enim nunc faucibus a.

Kanan

Lorem Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Morbi enim nunc faucibus a.

14 Hari Yang Pentingnya Untuk Memutus Mata Rantai Penularan Virus Corona

1 comment
14 Hari Yang Pentingnya Untuk Memutus Mata Rantai Penularan Virus Corona
dkr blog : Memutus Mata Rantai Penularan Virus Corona

Setiap hari kasus baru Covid-19 terus bertambah. Terhitung tanggal 20 Maret 2020, terdapat sekitar 246.302 kasus di dunia dan sekitar 309 kasus di Indonesia. Jumlah kasus terus bertambah sejak tanggal 2 Maret 2020 saat kasus pertama di umumkan oleh Presiden Jokowi. 

Tingginya angka kesakitan yang disebabkan oleh cepat dan mudahnya penyebaran virus perlu segera diatasi, kalau tidak kasus akan terus bertambah yang nantinya akan berdampak pada ketidaksiapan sarana layanan kesehatan (Rumah Sakit) karena adanya batasan daya tampung RS dan tenaga kesehatan. Salah satu solusi yang diambil adalah Social Distancing dan Self Isolation. Himbauan agar belajar di rumah, bekerja di rumah, dan beribadah di rumahpun diserukan dalam kurun waktu 14 hari dengan tujuan memutus mata ranta penularan covid 19. Tetapi apa yang terjadi ???

Himbauanpun sepertinya hanya himbauan, tidak banyak masyarakat yang mengindahkannya. Anjuran membatasi kegiatan sosialpun tidak dihiraukan. Tetap saja mereka keluar rumah untuk hal-hal yang sebenarnya tidak penting. Berada di kerumunan dan bahkan pergi bersama-sama ke objek wisata. Sebenarnya kenapa ini bisa terjadi?? apa masyarakat banyak yang tidak memahami situasi saat ini??. Entahlah...rasanya pemberitaanpun sudah banyak menyiarkan kondisi terkini tentang covid 19, media promosi kesehatanpun banyak di sebar dimana-mana, media sosialpun dimanfaatkan untuk berbagi info agar semua kalangan bisa teredukasi dan melek informasi.

Himbauan agar mengurangi kegiatan di luar rumah selama kurang lebih 14 hari ini memiliki tujuan yang sangat penting, oleh sebab itu perlu komitmen untuk mengindahkan himbauan ini agar kita semua sehat dan Indonesia bisa cepat terbebas dari corona. Memang ini hanya himbauan tidak ada pengawasan tetapi jangan disepelekan, jadikan komitmen kita sebagai rasa tanggung jawab untuk diri sendiri, keluarga, negara, bahkan bumi kita tercinta, karena apa yang kita lakukan akan berkontribusi besar untuk memutus rantai penularan. 

Sebenarnya apa tujuan kita di rumahkan kurang lebih 14 hari ini??? 14 hari adalah masa inkubasi virus corona, jika kita berkomitmen di rumah selama 14 hari ini, maka akan mengurangi kemungkinan orang yang sehat untuk tertular, orang yang sudah terinfeksi tidak menjadi penular bagi orang lainnya karena mereka terisolasi di rumah dan penularan akan berhenti di 1 orang saja. Tenaga medispun punya waktu yang cukup untuk merawat mereka yang sedang sakit, karena kasus baru tidak banyak yang bermunculan. 

Bayangkan jika orang-orang tidak mematuhi himbauan ini, mereka yang terinfeksi dan belum menunjukkan gejala, keluar rumah karena merasa baik-baik saja dan sehat kemudian mereka naik kendaraan umum, berbincang dengan orang di angkutan umum, dikantor atau dimanapun tempat yang dilaluinya, kemungkinan lawan bicaranya bisa saja ikut terinfeksi, lawan bicarnya nanti juga akan menginfeksi orang lain yang ditemuinya ini nantinya akan terus sambung-menyambung seperti efek domino. 
Bayangkan berapa banyak lagi kasus akan bermunculan!! 
Apakah kita punya RS yang kapasitasnya memadai jika terjadi ledakan kasus?? 
Berapa banyak dibutuhkan tenaga medis untuk mengatasi itu semua?? 
Apakah semua pasien bisa tertangani dengan baik jika ada ledakan kasus???
Bisa kalian bayangkan apa yang mungkin terjadi
Mereka tenaga medis yang berada digarda terdepan, mengobati pasien covid 19 sudah rela berkorban, jangan tambahi beban mereka dengan berkontribusi menambah jumlah kasus baru!!
Para epidemiolog yang terus berjuang menelusuri riwayat perjalanan kasus untuk segera menjaring kemungkinan kasus baru dan mengawasi mereka agar tidak menjadi penular bagi yang lainnya jangan tambah lagi orang-orang yang harus mereka tracking!!
Mari kita hargai usaha mereka yang sudah berjuang untuk mengatasi wabah corona ini dengan berkomitmen untuk patuh dengan anjuran pemerintah agar tetap di rumah, percayalah apa yang kita lakukan akan memiliki banyak manfaat tidak hanya buat diri kita sendiri dan keluarga tetapi untuk ribuan orang lainnya. Bayangkan jika semua orang memiliki pemikiran yang sama percayalah masalah covid 19 ini akan segera teratasi.

Tetap Sehat...Tetap Semangat...Tetap Produktif





Related Posts

1 comment

  1. Numpang promo ya Admin^^
    ajoqq^^com
    mau dapat penghasil4n dengan cara lebih mudah....
    mari segera bergabung dengan kami.....
    di ajopk.club....^_~
    segera di add Whatshapp : +855969190856

    ReplyDelete

Post a Comment