Theme images by Igniel

Followers

Total Pageviews

Follow Me

Tengah

Lorem Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Morbi enim nunc faucibus a.

Kiri

Lorem Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Morbi enim nunc faucibus a.

Kanan

Lorem Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Morbi enim nunc faucibus a.

Cukupkah Anda Mengkonsumsi Sayur dan Buah Setiap Hari??!!

2 comments

dkr blog : Konsumsi Sayur dan Buah
Sayur dan buah adalah komponen makanan yang harus dikonsumsi setiap hari dalam jumlah yang cukup. Tubuh membutuhkan berbagai zat yang terkandung di dalam sayur dan buah seperti vitamin, mineral dan tentunya serat yang sangat diperlukan untuk pencernaan. Sayangnya di Indonesia konsumsi sayur dan buah masih belum menjadi prioritas dalam sajian makanan setiap hari, bahkan banyak dari masyarakat yang tidak menyukai sayur dan buah karena tidak diajarkan sedari kecil. Jikapun ada yang mengkonsumsi sayur dan buah, jumlahnya tidak mencukupi kebutuhan tubuh. Kondisi ini ditunjukkan oleh data Riskesdas 2018 yang menyatakan bahwa ada sekitar 95,4% warga Indonesia kurang konsumsi sayur dan buah. Bisa dibayangkan hampir seluruh masyarakat Indonesia kurang konsumsi sayur dan buah.

Konsumsi Sayur dan Buah yang Adekuat ??!!
Ternyata mengkonsumsi sayur dan buah saja tidak cukup tetapi harus diperhatikan jumlah yang di konsumsi apakah sudah adekuat apa belum. Konsumsi sayur dan buah yang adekuat dikatakan bila setiap harinya dikonsumsi sebanyak 5 porsi, bisa dibagi kedalam 3 porsi sayur dan 2 porsi buah atau sebaliknya 3 porsi buah dan 2 porsi sayur. Tentunya sekarang timbul pertanyaan berapa banyak yang dikatakan 1 porsi????. Buah dianggap satu porsi setara dengan 1 buah jeruk, apel, pisang, dll untuk buah yang utuh atau setara dengan ukuran 1 potong buah yang di jual oleh tukang buah. Sedangkan yang dianggap 1 porsi sayur adalah setara dengan satu mangkok kecil.


Isi Piringku ???
Isi piring ku adalah istilah yang dipopulerkan oleh Kementerian Kesehatan untuk menunjukkan berapa porsi jenis makanan yang perlu ada di dalam piring makan kita setiap kali makan. Jadi dinjurkan untuk mengisi setengah porsi piring makan dengan sayur dan buah, sedangkan setengahnya lagi dengan makanan pokok dan lauk. Porsi makanan pokok sama banyaknya dengan porsi sayur. Bisa dibayangkan kesalahan kita selama ini dalam porsi makan. Kita sering mengisi penuh piring dengan nasi atau makanan pokok dengan 1 potong lauk saja, syukur-syukur ada sayur dan buah 😋. Tetapi setalah mengetahui info ini semoga kita semua bisa menerapkan porsi makanan yang ideal setiap harinya.
dkr blog : Isi Piringku (Sumber Kementerian Kesehatan)

Mengapa Perlu Mengkonsumsi Sayur dan Buah ??
Vitamin, mineral dan serat yang terkandung dalam sayur dan buah tentunya dibutuhkan oleh tubuh, agar terhindar dari berbagai penyakit yang diakibatkan defisiensi zat gizi mikro. Selain itu konsumsi sayur dan buah yang adekuat akan mengurangi resiko penyakit tidak menular seperti penyakit jantung, diabetes, stroke, dan lainya. Serat dapat membatu memperlancar pencernaan sehingga membuang zat-zat yang tidak dibutuhkan oleh tubuh dan serat menyebabkan rasa kenyang yang lebih lama sehingga mengurangi keinginan untuk makan yang berlebihan.

Ayo mulai dari sekarang konsumsi sayur dan buah yang cukup untuk hidup sehat !!!

Related Posts

2 comments

  1. Porsi makan harus diperhatikan jenis dan jumlahnya 👍

    ReplyDelete
  2. AJOQQ menyediakan 8 permainan yang terdiri dari :
    Poker,Domino99 ,BandarQ,BandarPoker,Capsa,AduQ,Sakong,Bandar66 ( NEW GAME )
    Ayo segera bergabung bersama kami di AJOQQ :)
    Bonus : Rollingan 0.3% dan Referral 20% :)

    ReplyDelete

Post a Comment