Theme images by Igniel

Followers

Total Pageviews

Follow Me

Tengah

Lorem Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Morbi enim nunc faucibus a.

Kiri

Lorem Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Morbi enim nunc faucibus a.

Kanan

Lorem Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Morbi enim nunc faucibus a.

Sehat dengan Konsumsi Air Minum Yang Cukup

2 comments
Air Merupakan komponen utama dalam tubuh manusia. Sekitar 50-60% dari berat tubuh kita adalah air. Segala kegiatan dalam tubuh manusia tidak mungkin berlangsung secara optimal jika tubuh kita dehidrasi atau kekurangan cairan. Air sebagai salah satu zat gizi makro esensial memiliki peranan yang penting di dalam tubuh manusia diantaranya :
1.  Sebagai pembentuk sel dan cairan tubuh
       Komponen utama sel, kecuali sel lemak adalah air yaitu sekitar 70-85%. Air berperan penting dalam pembentukan cairan tubuh seperti darah, cairan lambung, hormon, enzim dan lainnya. Air juga terdapat di dalam otot untuk memudahkan otot berkontraksi.
2.  Sebagai pengatur suhu tubuh
   Air menghasilkan panas, menyerap dan menghantarkan panas keseluruh tubuh, sehingga bisa menjaga suhu tubuh agar tetap stabil. Selain itu air juga bisa menurunkan suhu tubuh dengan membawa kelebihan panas keluar tubuh melalui produksi keringat, penguapan dari dari paru dan permungkaan kulit . 

3.  Sebagai pelarut
        Air melarutkan zat gizi dan membantu proses pencernaan makanan, dimana air membantu dalam proses pemecahan molekul makanan dari molekul-molekul yang besar menjadi molekul yang lebih kecil sehingga bisa diserap oleh tubuh. Air bermanfaat dalam proses produksi air liur, melumasi makanan sehingga mudah melewati saluran pencernaan.
4. Sebagai Pelumas
       Air berfungsi untuk melumasi sendi sehingga memungkinkan sendi untuk bergerak dengan baik dan meredam gesekan antar sendi. Bila tulang rawan di persendian mengalami kekurangan air maka bisa meningkatkan risiko akibat gesekan sendi salah satunya munculnya gejala nyeri sendi.
5. Sebagai media transportasi
      Struktur air terdiri dari atom Hidrogen dan atom Oksigen membuatnya menjadi bahan dasar berbagai reaksi kimia dalam tubuh. Air juga mudah bergerak dari satu kompartemen sel yang satu ke kompartemen sel lainnya oleh sebab itu air merupakan media transportasi yang efektif. Air dalam plasma membantu transportasi Oksigen dari Paru ke jaringan lain.
6. Air sebagai media eliminasi sisa metabolisme
       Sisa metabolisme yang tidak diperlukan oleh tubuh dikeluarkan melalui saluran kemih, saluran cerna, saluran nafas semua ini memerlukan media yaitu air.
    Air dinyatakan sebagai zat gizi makro esensial karena tubuh tidak bisa mengasilkan air. Kebutuhan tubuh akan air harus dipenuhi dari luar melalui konsumsi air minum yang cukup. 
    Jadi berapa sih jumlah konsumsi air minum yang cukup setiap harinya???? 
    Ternyata kebutuhan air seseorang juga berbeda-beda tergantung kondisi, usia, dan aktivitas yang kita lakukan.

    Berdasarkan angka kecukupan gizi yang tertuang dalam Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 75 Tahun 2013 berikut jumlah konsumsi air minum perhari yang dianjurkan :

    1. Dewasa : Anjuran konsumsi air minum setiap harinya bagi orang dewasa adalah 8 gelas perhari
    2. Anak : Anjuran konsumsi air minum setiap harinya bagi anak-anak adalah 6 gelas perhari
    3. Ibu Hamil → Anjuran konsumsi air minum setiap harinya bagi ibu hamil adalah 10 gelas perhari
    4. Ibu Menyusui → Anjuran konsumsi air minum bagi ibu menyusui adalah 12 gelas perhari
    5. Lansia → Anjuran konsumsi air minum setiap harinya bagi lansia adalah 6 gelas perhari

    dkr blog : Anjuran Konsumsi Air Minum Setiap Hari
    Anjuran konsumsi air minum setiap hari ini bisa saja berubah sesuai dengan aktifitas maupun kondisi tubuh. Saat demam maka dianjurkan untuk mengkonsumsi air putih lebih banyak dari biasanya, begitu juga saat diare kita perlu mengganti cairan tubuh yang keluar dengan konsumsi air lebih banyak. Saat melakukan aktifitas yang membuat kita mengeluarkan banyak cairan tubuh atau keringat seperti olah raga maka dianjurkan lebih banyak minum, agar tubuh tidak kekurangan cairan. Takaran 1 gelas air  putih sama dengan 250 ml.

    Begitu banyak fungsi air bagi tubuh kita, oleh sebab itu jangan biarkan tubuh kekurangan cairan. Konsumsilah air putih secara cukup setiap harinya agar tubuh tetap sehat dan seimbang. Konsumsi air yang cukup merupakan cara sehat yang mudah dan murah.

    Oleh sebab itu AYO KONSUMSI AIR PUTIH YANG CUKUP SETIAP HARI !!!
    Salam Sehat 😊😊😊


    Related Posts

    2 comments

    1. AJO_QQ poker
      kami dari agen poker terpercaya dan terbaik di tahun ini
      Deposit dan Withdraw hanya 15.000 anda sudah dapat bermain
      di sini kami menyediakan 7 permainan dalam 1 aplikasi
      - play aduQ
      - bandar poker
      - play bandarQ
      - capsa sunsun
      - play domino
      - play poker
      - sakong
      di sini tempat nya Player Vs Player ( 100% No Robot) Anda Menang berapapun Kami
      Bayar tanpa Maksimal Withdraw dan Tidak ada batas maksimal
      withdraw dalam 1 hari.Bisa bermain di Android dan IOS,Sistem pembagian Kartu
      menggunakan teknologi yang mutakhir dengan sistem Random
      Permanent (acak) | pin bb : 58cd292c "

      ReplyDelete
    2. Bosan tidak tahu mau mengerjakan apa pada saat santai, ayo segera uji keberuntungan kalian
      hanya di D*E*W*A*P*K / pin bb D87604A1
      dengan hanya minimal deposit 10.000 kalian bisa memenangkan uang jutaan rupiah
      dapatkan juga bonus rollingan 0.3% dan refferal 10% :)

      ReplyDelete

    Post a Comment