Theme images by Igniel

Followers

Total Pageviews

Follow Me

Tengah

Lorem Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Morbi enim nunc faucibus a.

Kiri

Lorem Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Morbi enim nunc faucibus a.

Kanan

Lorem Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Morbi enim nunc faucibus a.

Sehat Dengan C.E.R.D.I.K. Yukkk...!!

3 comments
Hai teman-teman.... Apa kabar??? Semoga selalu sehat ya...Aaminnn.😃😃
 
Kali ini kita akan membahas tentang cara mencegah penyakit tidak menular atau PTM. Kita tahu bahwa penyakit tidak menular sekarang ini menjadi penyebab kematian tertinggi di dunia maupun di Indonesia. Dari data Sample Registration System (SRS) tahun 2014 penyebab kematian tertinggi di Indonesia adalah Stroke, Penyakit Jantung Koroner dan disusul oleh Diabetes Mellitus dan komplikasinya. Dari data yang ada bisa terlihat 3 penyebab utama kematian di Indonesia di dominasi oleh PTM.

Penyakit tidak menular tidak bisa disembuhkan, sekali seseorang terkena penyakit tidak menular maka seumur hidup dia harus menanggungnya. Tetapi bagi penderita penyakit tidak menular, tidak perlu khawatir karena PTM bisa dikendalikan dengan minum obat yang teratur dan memodifikasi gaya hidup, selama penderita melakukan hal ini maka mereka tetap bisa hidup produktif.

Penyakit tidak menular ini unik, kita tidak bisa menyatakan penyebab pasti munculnya penyakit, karena setiap orang akan memiliki respon yang berbeda walaupun memiliki pola hidup atau risiko yang sama. Oleh sebab itu digunakan kata-kata faktor risiko. Faktor risiko munculnya PTM ini dikelompokkan menjadi 2 yaitu faktor risiko yang tidak bisa dimodifikasi dan faktor risiko yang bisa dimodifikasi


Faktor Risiko yang tidak bisa dimodifikasi yaitu
  1. Umur
  2. Jenis Kelamin
  3. Keturunan
Faktor risiko yang bisa dimodifikasi yaitu
  1. Merokok
  2. Kurang aktivitas fisik
  3. Diet yang tidak seimbang
  4. Minum alkohol
Nah.... sekarang kita sudah tahu bagaimana penyakit tidak menular,  tidak maukan harus minum obat setiap hari?? 😞. Oleh sebab itu sebelum muncul PTM mari kita cegah. Untuk mencegah terjadinya penyakit tidak menular, Kementerian Kesehatan meluncurkan Jargon C.E.R.D.I.K.


Apa itu C.E.R.D.I.K ???????

 



C → Cek kesehatan secara berkala

Banyak masyarakat yang tidak menyadari kalau mereka terkena PTM karena sering muncul tanpa gejala. Masyarakat baru menyadari ketika mereka secara tiba-tiba langsung berada pada kondisi yang parah seperti terkena stroke dan serangan jantung. Oleh sebab itu PTM dikenal dengan silent killer. 

Karena itu, penting bagi kita untuk melakukan cek kesehatan secara berkala, karena banyak orang-orang yang merasa sehat tetapi sebenarnya di dalam tubuhnya sudah terjadi ketidak seimbangan, seperti tekanan darah tinggi, kadar kolesterol tinggi, gula darah tinggi dan sebagainya.

Dengan melakukan cek kesehatan, kita bisa mengetahui kondisi tubuh kita yang sebenarnya dari hasil pemeriksaan fisik maupun laboratorium, sehingga kita bisa melakukan pencegahan sebelum jatuh pada penyakit tidak menular.


E → Enyahkan asap rokok

Rokok merupakan salah satu faktor risiko PTM. Rokok bisa meningkatkan risiko serangan jantung, kanker, penyakit paru kronik, stroke, dll.

Kita tahu di negara kita ini, rokok sudah menjadi suatu kebutuhan primer bagi sebagian orang sehingga sangat sulit bagi mereka untuk berhenti merokok. Yang menjadi masalah bukan hanya yang merokok yang terkena akibatnya tetapi juga orang-orang sekitar yang ikut menghirup asap rokok (perokok pasif).

Ayo mari hidup sehat dengan berhenti merokok !!!. 

Jika sulit rasanya untuk berhenti sendiri maka kunjungilah fasilitas kesehatan untuk ikut dalam konseling berhenti merokok. Jika memang masih dirasa sulit maka hargailah orang-orang disekitarmu, merokok lah ditempat yang jauh dari banyak orang atau ditempat yang disediakan khusus untuk merokok.


R → Rajin aktivitas fisik

Saat sekarang ini, kita sangat dimudahkan dengan adanya teknologi. Banyak kebutuhan dengan  mudah dipenuhi hanya dengan modal HP atau aplikasi. Lapar tinggal order, kemana-mana tinggal naik ojek atau kendaraan lainnya. Hobi ngemil sambil nonton TV, pola-pola kurang gerak seperti ini yang meningkatkan risiko PTM.

Kurang aktivitas fisik berhubungan secara langsung maupun secara tidak langsung terhadap faktor risiko PTM seperti tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, kadar gula yang tinggi, serta terjadinya obesitas pada anak dan orang dewasa. 

Oleh sebab itu marilah kita melakukan aktivitas fisik. Jangan hanya duduk di depan komputer atau TV. Berjalan-jalanlah di sore hari. Jika teman-teman sibuk bekerja, maka triknya saat berada di kantor, jangan hanya duduk lakukanlah peregangan sekali-kali. Berjalan-jalan lah di sekitar kantor atau jangan gunakan lift tapi gunakan tangga, hal ini akan membantu kita memenuhi kebutuhan aktivitas fisik kita sehari-hari. Minimal kita melakukan aktivitas fisik 150 menit setiap minggunya.




 D → Diet sehat dan seimbang

Pola makan harus sehat dan seimbang agar mencapai berat badan ideal dan tidak mengalami obesitas. Kita harus bisa memilih makanan yang sehat, mengindari penyedap rasa, junk food, makanan yang tinggi gula, garam dan lemak (Sekali kali boleh lah 😋😋😀)
Setiap harinya kita dianjurkan untuk memakan buah dan sayur sebanyak lima porsi. Boleh 3 porsi buah dan 2 porsi sayur atau sebaliknya. 
Ukuran satu porsi buah itu bisa 1 potong buah yang dijual abang-abang tukang buah 😃 atau satu buah jeruk, apel, jambu biji, dan buah lainnya. 
Satu porsi sayur sama dengan 1 mangkok sayur.
Konsumsi sayur dan buah seperti ini lah, baru bisa dikatakan seseorang makan buah dan sayur yang cukup setiap hari.

Diet juga harus seimbang, ingat pesan isi piring makanku, dimana setengah piring adalah untuk buah dan sayur, seperempat bagian untuk protein, dan seperempat bagian lagi untuk nasi atau karbohidrat.


K → Kelola stress


Stres adalah kondisi dimana sesorang tidak bisa mengendalikan dirinya atau tidak bisa menerima ketika terjadi perubahan atau ada tekanan dalam hidupnya. 

Stres tidak boleh dibiarkan berlarut-larut. Kita harus bisa mengendalikannya dengan berbagai cara, salah satunya dengan cara curhat dengan teman, keluarkan unek-unekmu jangan disimpan sendiri. Kamu akan merasa lega saat berbagi dengan orang terdekat.

Berolah raga bisa mengalihkan perhatianmu dari apa yang membuatmu stres, selain itu olah raga akan membuat fisik lebih sehat. 




Didalam badan yang sehat terdapat jiwa yang kuat 👌😁👍.
Selain itu teman-teman bisa menjalani hobi teman-teman, hal ini akan membantu membuat teman-teman merasa lebih bahagia. 
Jika terasa sudah sangat sulit dan mengganggu mintalah bantuan medis !!


Mari hidup C.E.R.D.I.K cegah Penyakit Tidak Menular !!!!




Related Posts

3 comments

  1. AJO_QQ poker
    kami dari agen poker terpercaya dan terbaik di tahun ini
    Deposit dan Withdraw hanya 15.000 anda sudah dapat bermain
    di sini kami menyediakan 7 permainan dalam 1 aplikasi
    - play aduQ
    - bandar poker
    - play bandarQ
    - capsa sunsun
    - play domino
    - play poker
    - sakong
    di sini tempat nya Player Vs Player ( 100% No Robot) Anda Menang berapapun Kami
    Bayar tanpa Maksimal Withdraw dan Tidak ada batas maksimal
    withdraw dalam 1 hari.Bisa bermain di Android dan IOS,Sistem pembagian Kartu
    menggunakan teknologi yang mutakhir dengan sistem Random
    Permanent (acak) | pin bb : 58cd292c "

    ReplyDelete
  2. Bosan tidak tahu mau mengerjakan apa pada saat santai, ayo segera uji keberuntungan kalian
    hanya di D*E*W*A*P*K / pin bb D87604A1
    dengan hanya minimal deposit 10.000 kalian bisa memenangkan uang jutaan rupiah
    dapatkan juga bonus rollingan 0.3% dan refferal 10% :)

    ReplyDelete
  3. Ayo budayakan hidup sehat 👍

    ReplyDelete

Post a Comment