Theme images by Igniel

Followers

Total Pageviews

Follow Me

Tengah

Lorem Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Morbi enim nunc faucibus a.

Kiri

Lorem Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Morbi enim nunc faucibus a.

Kanan

Lorem Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Morbi enim nunc faucibus a.

Penderita Penyakit Tidak Menular Harus P.A.T.U.H Agar Tetap Produktif

2 comments
Hai Teman-Teman.... Salam Sehat !!!

Beberapa waktu yang lalu, kita sudah membahas bagaimana cara mencegah penyakit tidak menular dengan C.E.R.D.I.K, dengan judul artikel " Sehat Dengan C.E.R.D.I.K Yukkk !!!". Jika teman-teman ingin tau lebih lanjut silahkan kunjungi postingan tersebut melalui link dibawah ini :


Pada postingan tersebut dibahas pentingnya menjaga kesehatan melalui gaya hidup C.E.R.D.I.K. Diharapkan dengan menerapkan pola hidup C.E.R.D.I.K. masyarakat terhindari dari penyakit tidak menular atau meminimalkan risiko terkena PTM. Sesuai dengan kata pepatah "Mencegah Lebih Baik Dari Pada Mengobati".

Teruss... bagaimana dengan orang-orang yang telah terkena PTM??? 
Apa mereka tetap bisa hidup produktif ????
Jawabannya TENTU BISA !!!

Walaupun penyakit tidak menular tidak bisa disembuhkan, tetapi PTM bisa dikendalikan dengan cara P.A.T.U.H.

Hmm..... Apa itu P.A.T.U.H ?
Pada dasarnya  P.A.T.U.H sama halnya dengan C.E.R.D.I.K yaitu slogan yang diluncurkan Kementerian Kesehatan untuk memudahkan masyarakat mengingat poin-poin penting yang dipromosikan oleh Kemenkes. Dimana C.E.R.D.I.K dan P.A.T.U.H ini merupakan singkatan dari anjura-anjuran, yang diharapkan masyarakat tahu, mau, dan mampu untuk melakukan apa yang disarankan agar tetap sehat dan produktif.

PATUH Kendalikan PTM
PATUH Kendalikan PTM

P → Periksa Kesehatan Secara Rutin dan Ikuti Anjuran Dokter

Saat sesorang didiagnosa dokter terkena PTM, maka diharapkan ia memeriksakan kesehatannya secara rutin. Pada umunya penderita PTM tergantung dengan obat untuk mengontrol dan menyeimbangkan kondisi tubuhnya. Seperti penderita Hipertensi, pada beberapa kasus penderita harus mengonsumsi obat seumur hidup. Penting bagi pasien untuk mengonsumsi obat dalam dosis yang sudah ditentukan dan memberitahu dokter jika ada efek samping yang muncul. Namun, dokter bisa menurunkan dosis atau menghentikan pengobatan jika tekanan darah penderita sudah terkendali. Pengendalian tekanan darah bisa dengan mengubah gaya hidup. Oleh sebab itulah perlunya kunjungan ulang sehingga penderita tahu apakah perubahan pola hidup yang dilakukan cukup untuk mengontrol tekanan darah atau mesti dilanjutkan kembali dengan meminum obat.

A → Atasi Penyakit dengan Pengobatan yang Tepat dan Teratur

Saat menderita suatu penyakit atau mengalami gangguan kesehatan sebaiknya konsultasi pada dokter untuk memastikan apa penyakit yang dialami. Jangan sembarangan dalam mengkonsumsi obat, hanya dengan melihat iklan di TV. Terkadang suatu penyakit yang berbeda bisa saja mengalami gejala yang hampir mirip. Jangan sampai akibat berinisiatif membeli obat sendiri malah memperparah kondisi tubuh atau mengakibatkan terlambat dalam pengobatan. Jika sudah mengunjungi dokter, konsumsilah obat-obatan sesuai anjuran, jangan karena ingin cepat sembuh menambah dosis obat yang dikonsumsi atas tindakan sendiri.


T →Tetap Diet Sehat dengan Gizi Seimbang

Mengatur pola makan itu penting, konsumsilah makanan yang sesuai dengan kondisi tubuh. Hindari makanan-makanan yang mengandung tinggi gula, garam, dan lemak. Perbanyak konsumsi buah dan sayur. Dan yang terpenting jangan lupa minum air yang cukup setiap hari. Dari hasil penelitian di dapatkan hasil bahwa meminum air yang cukup setiap harinya merupakan cara yang mudah dan ekonomis dalam menjaga kesehatan. Minum air yang cukup bisa mengurangi risiko terkena penyakit ginjal kronis dan mengurangi risiko obesitas

U → Upaya Beraktivitas Fisik dengan Aman

Saat seseorang terkena PTM bukan berati tidak boleh melakukan aktivitas fisik, mereka wajib melakukan aktivitas fisik setiap hari tetapi tentu dengan porsi dan gerakan yang disesuaikan. Jangan memaksakan diri untuk berolah raga. Lakukan olah raga semampunya dan bertahap. Jika belum pernah melakukan olah raga sebelumnya sebaiknya dimulai dengan jalan santai sekitar 10 menit sampi 1 minggu, kemudian tingkatkan waktunya menjadi 30 menit. Kemudian jika memungkinkan coba lakukan jalan cepat dimulai dengan mencoba dalam waktu 10 menit dan jika bisa ditingkatkan, jika tidak jangan memaksakan diri.

H → Hindari Rokok, Alkohol, dan Zat Karsinogenik Lainnya

Rokok, alkohol, dan zat karsinogenik lainnya merupakan faktor risiko munculnya PTM. Oleh sebab itu penderita PTM harus menghindari hal-hal tersebut karena nantinya akan memperparah kondisi penderita. Jika susah berhenti karena kecanduan rokok dan alkohol, mintalah bantuan medis dengan melakukan konseling.

Sehat juga butuh usaha dan semangat, oleh sebab itu mari kita semangat agar tetap sehat, ceria, dan produktif !!!
 


Related Posts

2 comments

  1. AJO_QQ poker
    kami dari agen poker terpercaya dan terbaik di tahun ini
    Deposit dan Withdraw hanya 15.000 anda sudah dapat bermain
    di sini kami menyediakan 7 permainan dalam 1 aplikasi
    - play aduQ
    - bandar poker
    - play bandarQ
    - capsa sunsun
    - play domino
    - play poker
    - sakong
    di sini tempat nya Player Vs Player ( 100% No Robot) Anda Menang berapapun Kami
    Bayar tanpa Maksimal Withdraw dan Tidak ada batas maksimal
    withdraw dalam 1 hari.Bisa bermain di Android dan IOS,Sistem pembagian Kartu
    menggunakan teknologi yang mutakhir dengan sistem Random
    Permanent (acak) | pin bb : 58cd292c "

    ReplyDelete
  2. Bosan tidak tahu mau mengerjakan apa pada saat santai, ayo segera uji keberuntungan kalian
    hanya di D*E*W*A*P*K / pin bb D87604A1
    dengan hanya minimal deposit 10.000 kalian bisa memenangkan uang jutaan rupiah
    dapatkan juga bonus rollingan 0.3% dan refferal 10% :)

    ReplyDelete

Post a Comment