Theme images by Igniel

Followers

Total Pageviews

Follow Me

Tengah

Lorem Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Morbi enim nunc faucibus a.

Kiri

Lorem Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Morbi enim nunc faucibus a.

Kanan

Lorem Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Morbi enim nunc faucibus a.

Objek Wisata di Palembang yang Wajib Dikunjungi

Post a Comment
Selamat Datang di Palembanggg .....YEEEEE
Yak... Palembang, Ibu Kota Provinsi Sumatera Selatan ini menawarkan berbagai pesona. Sebagai salah satu kota metropolitan di Indonesia, Palembang juga menjadi salah satu tempat wisata terlaris di pulau sumatera. Terdapat berbagai objek wisata mulai dari wisata alam, religi, sejarah  dan yang tidak bisa dilupakan adalah wisata kuliner yang nikmat. Karena keindahan, keramahan, dan fasilitas yang dimiliki kota dengan ikon Jembatan Ampera ini, Palembang terpilih menjadi salah satu tuan rumah dalam pelaksanaan ASEAN GAMES 2018.
Apa saja objek wisata di Palembang yang wajib dikunjungi ??? check it out :

1. Jembatan Ampera
Jembatan Ampera
Jembatan Ampera
Jembatan Ampera merupakan tujuan utama para wisatawan, karena merupakan ikon Kota Palembang dengan pemandangan Sungai Musi menambah daya tarik untuk dikunjungi.  Jembatan Ampera dibangun tahun 1962, untuk menghubungkan daerah Seberang Ulu dan daerah Seberang Ilir yang dipisahkan oleh Sungai Musi. Jembatan dengan panjang 1.117 meter dan lebar 22 meter ini, bagian tengahnya bisa diangkat dengan bantuan bandul pemberat pada kedua sisi menara, hal ini dilakukan untuk memudahkan kapal dengan tiang yang tinggi untuk lewat agar tidak tersangkut di badan jembatan. Sejak tahun 1970 aktivitas naik turunnya bagian tengah jembatan di hentikan karena dianggap mengganggu lalu lintas di atasnya.
Jika mengunjungi Jembatan Ampera wajib dikunjungi saat siang dan malam hari, karena akan menyajikan pesona yang berbeda. Saat siang hari kita bisa menikmati dengan jelas jembatan dan Sungai Musi tetapi keindahan jembatan Ampera ini akan semakin menonjol saat malam hari karena dihiasi oleh lampu warna warni sehingga semakin bagus saat di foto. Selain menikmati pemandangan kita juga bisa menikmati kuliner di sepanjang Sungai Musi.

2. Benteng Kuto Besak
Benteng Kuto Besak
Benteng Kuto Besak
Benteng Kuto Besak ini berada di dekat Jembatan Ampera dibangun menghadap ke Sungai Musi. Dibangun pada tahun 1780 yang diprakarsai oleh Sultan Mahmud Badaruddin I, tetapi pembangunan dan penyelesaiannya pada zaman Sultan Mahmud Bahauddin. Benteng ini merupakan simbol kejayaan Kesultanan Palembang Darussalam.

3. Museum Sultan Mahmud Badaruddin II

Museum Sultan Mahmud Badaruddin II
Museum Sultan Mahmud Badaruddin II

Museum ini merupakan peninggalan Kesultanan Palembang Darussalam, yang berlokasi antara Jembatan Ampera dan Benteng Kuto Besak. Bangunan ini diubah fungsi menjadi museum sejak tahun 1984. Museum berisi koleksi pakaian tradisional, tekstil, senjata, kerajinan, dan koin Sumatera Selatan.

4. Pulau Kemaro
Pulau Kemaro
Pulau Kemaro
Pulau Kemaro merupakan sebuah pulau kecil di tengah Sungai Musi. Berjarak sekitar 6 km dari Jembatan Ampera. Daya tarik Pulau Kemaro adalah Pagoda berlantai 9 yang menjulang ditengah pulau selain itu juga ada klenteng yang sudah ada sejak tahun 1962. Pesona Pulau Kemaro ini semakin terkenal dengan legenda kisah cinta Putri Raja Siti Fatimah dengan saudagar Tioghoa yang bernama Tan Bun An yang berakhir tragis.

Legenda Pulau Kemaro
Legenda Pulau Kemaro

Untuk menuju Pulau Kemaro, kita bisa naik perahu bermotor di dermaga di depan Benteng Kuto Besak dengan tarif lebih kurang 100.000. Perjalanan dari dermaga menuju Pulau Kemaro sekitar 15-20 menit. Selama perjalanan kita akan merasakan goncangan karena arus Sungai Musi yang cukup deras tapi sangat menyenagkan karena disuguhi pemandangan kearifan lokal.




5. Wisata Kuliner
 
Kalau ke Palembang tidak afdol rasanya jika tidak mencicipi makanan khasnya yaitu Pempek. Makanan yang satu ini akan kita jumpai disetiap sudut kota, mulai jajanan di warung-warung sampai ke restoran dan yang terpenting semuanya enak 😀😄😄. Jangan lupa juga menyicipi es kacang merah yang segar. Ada beberapa tempat makan Pempek yang terkenal yaitu Pempek Vico, Pempek Candy, Pempek Pak Raden dan Pempek Saga.

Related Posts

Post a Comment