Theme images by Igniel

Followers

Total Pageviews

Follow Me

Tengah

Lorem Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Morbi enim nunc faucibus a.

Kiri

Lorem Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Morbi enim nunc faucibus a.

Kanan

Lorem Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Morbi enim nunc faucibus a.

Ayo Bergerak Untuk Sehat ...!!!!

2 comments
dkr blog : Senam Bersama

Hai teman-teman, apa kabar?? semoga semua dalam keadaan sehat ya.... aaminn
Jadi pada artikel kali ini, kita kembali akan berbagi informasi seputar kesehatan yaitu pentingnya bergerak agar tubuh sehat dan bugar.

Semakin berkembangnya zaman mengakibatkan terjadinya transisi teknologi, dimana manusia sangat dimudahkan dalam melakukan segala sesuatu. Pekerjaan rumah, semua sudah dibantu oleh teknologi, memasak, mencuci, membersihkan rumah, semua dimudahkan, hanya dengan satu tombol semua bisa terselesaikan.

Sejak berkembangnya transportasi online semakin memudahkan kita dalam beraktivitas, hanya dengan modal HP kendaraan yang kita pesan akan sampai tepat di depan rumah dan mengantarkan kita langsung ke tempat tujuan. Mau makan tinggal pesan, mau belanja tinggal order semua hal menjadi sangat mudah, ternyata kondisi ini tidak sepenuhnya memberikan dampak positif jika kita sebagai pengguna tidak bijaksana dalam menyikapinya. Kondisi-kondisi ini membuat kita kurang bergerak, kurang melakukan aktivitas fisik apalagi latihan fisik dan olah raga.

Berdasarkan data Riskesdas (Riset Kesehatan Dasar) tahun 2018 menyatakan bahwa proporsi penduduk Indonesia usia ⥸ 10 tahun kurang aktivitas fisik yaitu sebesar 33,5% nilai ini meningkat jika dibandingkan dengan data Riskesdas 2013 yaitu sebesar 26,1%.

Apa beda aktifitas fisik, latihan fisik, 
dan olah raga??

Kita sering salah kaprah dengan pengertian  aktivitas fisik, latihan fisik dan olah raga, malah kita sering menganggap sama ketiga hal tersebut, atau malah pengertiannya saling tertukar. Berikut adalah bedanya : 👇 
Aktivitas Fisik adalah setiap gerakan tubuh yang dapat meningkatkan pengeluaran tenaga atau energi.
Contoh : membersihkan rumah, mencuci, memasak, naik turun tangga, atau berbagai kegiatan lain yang kita lakukan sehari-hari.
Latihan Fisik adalah Semua bentuk aktivitas fisik yang dilakukan secara terstruktur dan terencana dengan tujuan untuk meningkatkan kebugaran jasmani. 
Contoh : Bersepeda, Senam aerobik, jogging, Sit-up/Push-up dll 
Olah raga adalah  Semua bentuk aktifitas fisik yang dilakukan secara testruktur, terencana, dan berkesinambungan dengan mengikuti aturan aturan tertentu dan bertujuan untuk meningkatkan kebugaran jasmani dan prestasi
Contoh : Sepak bola, Bulutangkis, Tenis, Basket dan lain lain.

Kenapa Kita perlu bergerak/
beraktivitas fisik??

Kurangnya aktivitas fisik ternyata menjadi salah satu risiko terjadinya penyakit, terutama penyakit tidak menular seperti penyakit jantung, stroke, obesitas yang nantinya akan berdampak kepada diabetes melitus, dan hipertensi serta penyakit lainnya. Berikut adalah manfaat melakukan aktivitas fisik secara teratur dan adekuat.
  • Dengan melakukan aktivitas fisik secara teratur akan memperkuat otot jantung dan memperlancar peredaran darah dalam tubuh sehingga mencagah penyakit jantung dan stroke
  • Mengendalikan tekanan darah, ketika seseorang terkena hipertensi bukan berarti mereka tidak boleh melakukan aktivitas fisik malah dianjurkan tetapi harus disesuaikan dengan kondisi tubuh dan tidak boleh dipaksakan. Bisa dilakukan dengan berjalan santai disekitar rumah saat pagi hari dan dilakukan secara rutin, dan tidak memaksakan diri
  • Dengan berolah raga atau latihan fisik bisa meningkatkan ketahanan dan kekuatan otot serta fleksibilitas tubuh sehigga dapat mencegah nyeri punggung
  • Aktifitas fisik atau latihan fisik yang teratur bisa mengurangi lemak tubuh, mengendalikan kadar kolesterol, membangun massa otot dan meningkatkan metabolisme tubuh sehingga bisa mempertahankan berat badan ideal, jika diikuti dengan asupan nutrisi yang tepat bisa membantu menurunkan berat badan sehingga mencegah penyakit diabetes melitus
  • Menunda keterbatas fisik pada usia tua
  • Mencegah osteoporosis
  • Meningkatkan daya tahan tubuh
  • Mengendalikan stres dan rasa cemas

Berapa Lama dan Berapa Sering Kita Perlu Melakukan Aktivitas fisik/Latihan Fisik??

Lama aktivitas fisik atau latihan fisik yang dianjurkan adalah sekitar 150 menit perminggu, kita bisa membaginya menjadi minimal 30 menit setiap hari atau 50 menit setiap 3 kali seminggu. Kita bisa melakukannya dengan jalan cepat, bersepeda, senam aerobik dll. Untuk meningkatkan aktivitas fisik kita setiap hari jangan lupa menggunakan tangga saat di sekolah atau di kantor, Ketika menggunkan tranportasi online jangan berhenti terlalu dekat dengan pintu masuk berikanlah jarak sehingga memberikan peluang kepada kamu semua untuk bergerak. Jangan terlalu sering belanja online sekali-kali berkunjunglah kepasar tradisional atau ke mall untuk sekedar jalan-jalan atau berbelanja. Selain itu jangan lupa melakukan peregangan ketika kita berada dalam posisi yang sama setelah beberapa jam.

Bagaimana ??? sudah siap berubah ?? sudah siap untuk bergerak ???
Ayo kita mulai dari diri kita
Sehat untuk saya, kita, dan Indonesia

Related Posts

2 comments

  1. Numpang promo ya Admin^^
    ayo segera bergabung dengan kami di ionqq^^com
    dengan minimal deposit hanya 20.000
    add Whatshapp : +85515373217 ^_~

    ReplyDelete

  2. ada 8 permainan poker menarik di AJOQQ :D
    ayo segera bergabung dan dapatkan bonusnya :D
    WA : +855969190856

    ReplyDelete

Post a Comment